Cara Menampilkan Daftar Alih-alih Thumbnail di Taskbar Windows 11

Setiap kali Anda membuka beberapa jendela dari program yang sama di Windows 11, jendela-jendela tersebut dipukul di bilah tugas untuk menjaga semuanya tetap bersih dan menyimpan beberapa bagian bilah tugas. Saat Anda mengarahkan kursor ke ikon tertentu di bilah tugas, Anda akan melihat pratinjau thumbnail dari semua Windows yang terbuka.

Masalahnya, butuh beberapa saat sebelum thumbnail muncul. Seringkali, Anda juga tidak menginginkan thumbnail tersebut. Anda lebih suka hanya memiliki daftar Windows seperti yang Anda lihat ketika Anda memiliki banyak contoh program yang terbuka.

Dalam panduan ini, kami memberi tahu Anda cara menonaktifkan thumbnail dan selalu melihat daftar saat Anda mengarahkan kursor ke ikon bilah tugas dengan beberapa instance berjalan.

Kapan Windows Menampilkan Daftar Alih-alih Thumbnail di Taskbar?

Untuk mendapatkan jawaban ini, Anda harus terlebih dahulu menemukan resolusi layar dan penskalaan DPI Anda. Windows menggunakan dua faktor tersebut untuk menghitung jumlah thumbnail yang dapat diakomodasi dengan nyaman oleh layar Anda. Berikut adalah batas ambang batas thumbnail taskbar untuk Windows 10 dan 11:

  • 800px x600px: 8 gambar mini
  • 1024px x 768px: 10 gambar mini
  • 1920px x 1080px: 16 gambar mini

Jadi jika resolusi layar Anda 1920×1080, itu akan menampung 16 thumbnail dengan DPI default. Setelah Anda membuka jendela ke-17, Anda akan mulai melihat daftar, bukan thumbnail.

Hal baiknya adalah Anda dapat mengubah ambang batas ini secara manual. Jika Anda ingin Windows beralih ke tampilan terdaftar, katakanlah, dari jendela ke-5 dan seterusnya, itu mungkin. Anda juga dapat menonaktifkan pratinjau thumbnail sama sekali.

Meskipun Anda dapat menonaktifkan pratinjau thumbnail menggunakan opsi bawaan, mengubah ambang batas memerlukan mengutak-atik registri, untuk informasi lain lebih lengkapnya di trestleontenth.

Cara Menonaktifkan Thumbnail Taskbar dan Selalu Menampilkan Daftar di Taskbar

Jika Anda selalu ingin melihat daftar, Anda dapat menonaktifkan thumbnail bilah tugas sepenuhnya. Windows memang memiliki opsi bawaan untuk melakukan perubahan ini.

Anda dapat menggunakan Editor Kebijakan Grup untuk menonaktifkan thumbnail bilah tugas. Namun, jika Anda menjalankan Windows 10 atau 11 Home, Anda harus mengambil langkah ekstra untuk mengakses Group Policy Editor di Home Edition.

Inilah cara Anda dapat menonaktifkan thumbnail bilah tugas:

  1. Cari editor kebijakan grup di Start Menu dan pilih Best Match.
  2. Gunakan sidebar kiri untuk menavigasi ke User Configuration > Administrative Templates > Start Menu Taskbar .
  3. Gulir sepenuhnya ke bawah dan cari pengaturan yang disebut Matikan thumbnail bilah tugas . Klik dua kali pada pengaturan itu.
  4. Pilih tombol radio di sebelah Diaktifkan dan klik OK untuk menyimpan dan keluar.

Nyalakan ulang komputer Anda dan coba buka dua contoh program apa pun. Arahkan kursor Anda ke program itu di bilah tugas. Anda sekarang akan melihat daftar, bukan thumbnail di bilah tugas.

Cara Menonaktifkan Thumbnail Taskbar Menggunakan Registry

Anda juga dapat menonaktifkan thumbnail taskbar dengan mengubah pengaturan Registry. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa metode ini hanya berfungsi untuk dua atau lebih contoh jendela. Jika Anda hanya memiliki satu jendela, Anda masih akan melihat gambar mini.

Tweak Registry memang melibatkan beberapa risiko, terutama jika Anda belum pernah menggunakannya sebelumnya, mengacaukan sesuatu dan membuat PC Anda tidak dapat digunakan. Yang terbaik adalah mengambil cadangan Registry Anda, untuk berjaga-jaga jika semuanya tidak berjalan dengan baik.

  1. Cari editor registri di Start Menu dan buka Best Match.
  2. Arahkan ke jalur berikut dengan menyalin dan menempelkannya ke bilah navigasi Editor Registri dan menekan Enter : HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Taskband
  3. Cari nilai bernama NumThumbnails di panel kanan. Jika Anda tidak melihatnya, klik kanan di ruang putih dan pilih New > DWORD (32-bit) Value untuk membuat nilai. Beri nama NumThumbnails .
  4. Klik dua kali pada nilai yang baru saja Anda buat dan atur data Nilai ke 0.

Nyalakan kembali PC Anda dan Anda sekarang akan melihat daftar alih-alih thumbnail setiap kali Anda memiliki dua atau lebih jendela yang terbuka.

Cara Menampilkan Daftar Alih-alih Thumbnail Taskbar Hanya Setelah Sejumlah Contoh Tertentu Berjalan

Katakanlah, Anda hanya ingin menampilkan daftar setelah delapan program dibuka. Untungnya, Anda juga dapat melakukannya dari dalam Registry.

Prosesnya hampir sama seperti yang dibahas di bagian sebelumnya kecuali satu tweak kecil:

  1. Cari registry editor di Start Menu dan pilih Best Match.
  2. Arahkan ke jalur berikut: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Taskband
  1. Cari nilai yang disebut NumThumbnails di panel kanan. Jika Anda tidak melihatnya, buat nilai baru dengan mengklik kanan di panel kanan dan memilih New > DWORD (32-bit) Value . Beri nama nilai NumThumbnails .
  2. Klik dua kali pada nilai yang baru saja Anda buat dan atur data Nilai ke ambang pilihan Anda.

Jika Anda memasukkan data Nilai sebagai 5, Anda akan melihat thumbnail bilah tugas hingga Anda menjalankan empat contoh program. Dari contoh kelima dan seterusnya, Anda akan melihat daftar.

Cara Mengaktifkan Kembali Thumbnail Taskbar atau Beralih ke Pengaturan Thumbnail Taskbar Default

Jika Anda berubah pikiran setelah mengubah pengaturan thumbnail bilah tugas, Anda selalu dapat kembali dan merekayasa balik proses untuk menonaktifkan atau membalikkannya.

Jika Anda menonaktifkan thumbnail bilah tugas dari Editor Kebijakan Grup, cukup arahkan ke Konfigurasi Pengguna > Template Administratif > Mulai Menu Bilah Tugas , klik dua kali pada pengaturan Matikan thumbnail bilah tugas, pilih Tidak dikonfigurasi dan klik OK.

Di sisi lain, jika Anda menggunakan Registry untuk membuat perubahan, hapus saja nilai NumThumbnails dari direktori berikut: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Taskband

Thumbnail Taskbar Di Bawah Kontrol

Windows menawarkan pengguna banyak kendali atas pengalaman mereka. Untungnya, jika Anda tidak menyukai pratinjau thumbnail bilah tugas, ada cara untuk menonaktifkannya atau menyempurnakan pengaturan sesuai keinginan Anda.

Mampu beralih ke tampilan daftar untuk gambar mini memberikan kontrol atas pengalaman Windows Anda, yang berarti jika Anda sering menjalankan selusin contoh program, Anda tidak perlu lagi melihat melalui sejumlah pratinjau yang memusingkan.

Tentu saja, Windows 11 juga mengubah bilah tugas secara signifikan. Namun, jika Anda tidak nyaman dengan bilah tugas baru, selalu ada cara untuk menyesuaikan bilah tugas Windows 11.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.