Mata Uang Kripto Vs Mata Uang Fiat

Mata uang kripto vs. mata uang Fiat

Apakah Anda mengetahui mata uang fiat dan mata uang kripto? Keduanya adalah mata uang dalam satu bentuk atau lainnya dan terbuka untuk penggunaan umum di seluruh dunia. Tetapi keduanya berbeda dan berbeda dengan caranya sendiri. Selalu ada satu kelompok yang menyukai penggunaan kripto, sementara yang lain memiliki sudut yang lembut untuk mata uang fiat.

Dalam masyarakat tanpa uang tunai- uang kripto memainkan peran besar

Jika Anda melihat pasar tahun 1970-an dan 1980-an, Anda akan menemukan bahwa uang tunai memainkan peran dominan. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, transaksi elektronik sudah menjadi hal yang biasa. Saat ini, semakin banyak orang yang terpengaruh untuk menjadi cashless society. Dengan kemajuan menuju masyarakat tanpa uang tunai, cryptocurrency memiliki peran besar untuk dimainkan.

Mata uang kripto dan mata uang fiat selalu berselisih

Cryptocurrency dan mata uang fiat adalah jenis mata uang digital yang populer, terutama jika menyangkut transaksi online. Keduanya adalah mata uang yang saat ini digunakan di pasar tetapi memiliki beberapa perbedaan di dalamnya. Ada banyak sekali hype yang akan Anda dengar setiap hari membandingkan uang kripto dan uang kertas. Artikel ini akan menyoroti perbedaan antara keduanya secara lebih komprehensif dan jelas.

Membedakan dalam apa mata uang itu berdiri

Sebelum membahas perbedaan antara keduanya, Anda harus memahami apa yang mereka perjuangkan dan bagaimana definisinya.

Mata uang fiat adalah alat pembayaran yang sah yang mendapat dukungan dari pemerintah pusat, dan beroperasi dalam bentuk fisik. Misalnya, dolar AS, Pound Inggris, Euro, dll. Di sisi lain, mata uang kripto adalah alat pembayaran yang tidak sah, dan tidak memiliki cadangan apa pun dari pemerintah pusat atau bank.
Oleh karena itu, perbedaan antara mata uang kripto dan mata uang fiat dicatat sebagai berikut:

• Mata uang kripto terdesentralisasi dan bersifat global. Tidak ada satu entitas atau pemerintah yang mengontrol Dunia crypto mata uang dengan hukum dan peraturan mereka. Mata uang Fiat terpusat, di bawah kendali hukum dan peraturan bank dan pemerintah.

• Crypto-currency hanya ada di domain digital. Di sisi lain, Anda akan menemukan bahwa mata uang fiat memiliki wujud nyata dan fisik.

• Ada persediaan mata uang kripto yang terbatas dengan jumlah maksimum yang dipasok di pasar. Padahal, uang fiat memiliki persediaan yang tidak terbatas karena pemerintah dan bank berhak menghasilkan uang logam dan uang kertas kapan pun situasinya diperlukan.

• Bitcoin dan mata uang jenis kripto lainnya dibuat oleh komputer, sedangkan mata uang fiat dikeluarkan oleh pemerintah daerah dan bank.

• Cryptocurrency disajikan sebagai potongan kode publik dan pribadi. Di sisi lain, mata uang fiat disajikan dalam bentuk koin dan uang kertas.

• Nilai mata uang kripto tidak diakui oleh penawaran dan permintaan pasar. Padahal, nilai mata uang fiat ditentukan oleh peraturan pasar tentang penawaran dan permintaan.

Berbagai jenis mata uang kripto dan fiat

Dalam satu dekade terakhir, popularitas mata uang jenis kripto telah muncul sebagai sukses besar. Itu pada tahun 2009, ketika Bitcoin pertama kali diperkenalkan, dan bertahun-tahun setelah beberapa jenis mata uang kripto lainnya muncul. Mulai dari Litecoin. Dogecoin, Ripple ke Dcash dan Zcash, ada banyak dari mereka. Di sisi lain, mata uang fiat memiliki akar yang kaya dan kuno, dengan Great British Pound, yang berasal dari tahun 775 M. Ini dianggap sebagai mata uang tertua di dunia yang masih digunakan.

Perbedaan anonimitas antara kedua mata uang

Saat Anda menggunakan mata uang fiat, Anda harus menjalani proses identifikasi atau verifikasi pengguna. Anda diminta untuk mengunggah foto terbaru diri Anda dan beberapa dokumen yang diperlukan untuk diterbitkan sesuai dengan otoritas publik. Anda tidak perlu menjalani proses yang diperlukan dengan mata uang kripto. Meskipun informasi pribadi dan detail rahasia Anda tidak dipublikasikan, tetapi semua transaksi Anda dicatat dan dilacak baik dalam mata uang fiat maupun mata uang kripto.

Mata uang fiat vs mata uang kripto: tingkat transparansi

• Tingkat transparansi dengan mata uang jenis kripto dianggap lebih. Ini karena aliran pendapatan ditampilkan dalam rantai publik. Setiap orang dapat menyaksikan transaksi mereka sendiri dan orang lain.

• Fiat atau pemerintah. mata uang tidak transparan, karena tidak ada rantai publik untuk melihat aliran pendapatan masyarakat.

Akar sejarah komparatif

Jika Anda membandingkan uang kripto dengan mata uang rekanan, fiat, atau pemerintah, Anda akan menemukan bahwa keberadaan dan penciptaannya membawa perbedaan. Fiat atau mata uang pemerintah, sudah ada sejak 775 M dengan diperkenalkannya Great British Pound. Inilah sebabnya mengapa mata uang jenis fiat mudah diterima oleh orang-orang di seluruh dunia.

Di sisi lain, koin kripto mungkin pertama kali diperkenalkan hanya satu dekade yang lalu, dengan diperkenalkannya Bitcoin pada tahun 2009. Tantangan yang dihadapi Bitcoin dan mata uang kripto lainnya adalah mengejar popularitas yang luar biasa dan meningkatnya basis penggemar mata uang fiat. . Mata uang kripto, tidak diragukan lagi menjadi penting dan populer di pasar ekonomi, tetapi masih belum diterima secara luas di masyarakat sebagai mata uang fiat.

Sejarah perbandingan kedua mata uang:

• Itu terjadi pada abad ke-11, ketika dinasti Song Cina mungkin yang pertama mengeluarkan uang kertas. Itu tidak diperbolehkan untuk ditukar dengan barang berharga seperti emas dan perak atau sutra.

• Ada tongkat Tally yang diperkenalkan sebagai mata uang fiat atau pemerintah. 1100 tongkat Tally diperkenalkan sebagai pertempuran untuk kekurangan emas.

• 1971, adalah tahun ketika mata uang fiat mendapat pengakuan dunia. Presiden Nixon memperkenalkannya untuk menghilangkan sistem pengelompokan dolar terhadap emas.

• Saat itu pada tahun 1998, ketika ide sistem uang elektronik anonim muncul oleh Wei Dai. Bitgold-mata uang kripto pertama diciptakan oleh Nick Szabo, tetapi tidak mendapat perhatian sebanyak Bitcoin.

• Pada tahun 2009, Bitcoin diperkenalkan di pasar, yang menjadi mata uang kripto pertama yang diterima di seluruh dunia. Pada tahun 2011 dan setelahnya, serangkaian beberapa mata uang kripto lainnya diperkenalkan. Beberapa yang populer termasuk, Litecoin, Dogecoin, Ethereum, Ripple, Zcash, Dash dan sebagainya.

Ciri-ciri kedua mata uang

Potensi mata uang jenis kripto dan mata uang fiat, mengakses ciri-cirinya adalah penting. Anda akan menemukan bahwa dalam beberapa kriteria, Bitcoin dan mata uang kripto lainnya lebih unggul daripada mata uang fiat atau pemerintah, dan dalam beberapa kasus, yang terakhir melampaui. Ini benar-benar panggilan Anda untuk memilih jenis mata uang (mata uang jenis kripto atau mata uang jenis fiat) berdasarkan kebutuhan dan persyaratan pribadi Anda.

Mari kita bandingkan sifat-sifat mereka sehubungan dengan faktor-faktor tertentu.

• Baik koin kripto maupun mata uang jenis fiat dapat dipertukarkan secara alami.

• Sesuai dengan portabilitas yang bersangkutan kedua mata uang mengamankan posisi yang kurang lebih sama.

• Sehubungan dengan kriteria yang tidak dapat dikonsumsi, mata uang kripto dan mata uang jenis fiat memiliki status yang sama.

• Mata uang jenis Crypto memiliki daya tahan tinggi dibandingkan dengan mata uang fiat yang memiliki tingkat daya tahan sedang.

• Baik mata uang kripto atau virtual dan mata uang fiat atau pemerintah memastikan transaksi dan pertukaran yang aman dan terlindungi.

• Crypto atau mata uang digital sangat mudah dibagi. Di sisi lain, mata uang jenis fiat cukup dapat dibagi.

• Dalam hal proses transaksi, mata uang kripto mudah dan tidak merepotkan. Padahal, di sisi lain, proses traksi yang terkait dengan mata uang fiat itu mudah, tetapi tidak seperti kripto.

• Mata uang berbasis kripto terdesentralisasi dan bersifat global, tidak seperti mata uang fiat yang terpusat dan berfungsi di bawah hukum dan peraturan pemerintah.

• Mata uang berbasis kripto memiliki kelangkaan yang tinggi, sedangkan mata uang fiat tidak terbatas karena pemerintah dapat mengeluarkan koin dan uang kertas kapan pun diperlukan.

• Mata uang berbasis kripto didasarkan pada algoritma matematika, dan dapat diprogram. Mata uang fiat sama sekali tidak dapat diprogram.

• Mata uang fiat bersifat berdaulat, sedangkan mata uang kripto tidak.

Proses berfungsinya mata uang

Anda dapat menemukan perbedaan signifikan antara mata uang kripto atau digital dan mata uang fiat dengan cara keduanya beroperasi dan proses transaksi yang terjadi. Mereka kontras di alam. Transfer uang menggunakan Bitcoin sangat cepat, dan Anda sama sekali tidak memerlukan asosiasi pihak ketiga.

Di sisi lain, jika Anda terlibat dengan pertukaran uang menggunakan mata uang jenis Fiat, dompet seluler sedang digunakan. Anda dapat menukar sejumlah uang elektronik yang ditransfer ke dalam jumlah nilai elektronik yang sama. Baik fiat maupun mata uang kripto memungkinkan Anda untuk membeli semua yang Anda inginkan. Tetapi proses yang terlibat benar-benar berbeda satu sama lain.

Tergantung pada barang yang Anda beli, Anda akan menemukan bahwa satu bentuk mata uang lebih baik dari yang lain. Ini benar-benar pilihan Anda.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.