Burung Perkutut, Burung Unik yang Banyak Dipelihara Orang Indonesia

Burung Perkutut, Burung Unik yang Banyak Dipelihara Orang Indonesia

Indonesia adalah negara yang kaya akan flora dan fauna yang beraneka ragam jenisnya. Salah satu jenis fauna yang sangat beragam adalah burung. Jenis burung yang ada di Indonesia sangatlah banyak dan memiliki ciri khas tersendiri. Untuk Anda para pecinta burung pastinya sudah tidak asing lagi dengan burung perkutut. Burung ini banyak dipelihara oleh pecinta burung atau biasa disebut dengan kicau mania.

Burung yang banyak dipelihara oleh masyarakat Jawa ini memiliki suara yang merdu saat berkicau. Selain itu, terdapat pula banyak mitos yang berbau ghaib dikaitkan dengan keberadaan burung perkutut. Bahkan orang yang tidak suka burung akan memelihara burung perkutut karena suaranya yang merdu dan pakannya yang mudah. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda ketahui tentang burung perkutut.

Perkutut lokal biasanya adalah burung yang dicari dan didatangkan langsung dari hutan, sehingga banyak orang yang senang memeliharanya. Bahkan ada mitos yang beredar luas jika burung perkutut bisa mendatangkan keberuntungan, keberkahan, dan keajaiban kepada pemiliknya. Meskipun sebuah mitos namun masyarakat Indonesia telah mempercayainya.

Untuk Anda yang berencana memelihara burung perkutut sebaiknya perhatikan ciri-cirinya. Karena ada burung perkutut yang bagus dan ada pula yang kurang bagus jika dipelihara. Berikut ini ciri-ciri burung perkutut yang bagus untuk Anda pelihara : Jenis Perkutut Katuranggan

Burung perkutut yang bagus memiliki ukuran kepala yang besar. Dengan ukuran kepala yang besar maka ukuran otaknya juga lebih besar, sehingga burung tersebut juga dianggap lebih cerdas dan pandai.
Pilihlah burung perkutut yang memiliki ukuran hidung besar. Dengan ukuran hidung yang besar menandakan bahwa pernafasannya lancar, sehingga lebih kuat dan mampu berkicau lebih lama.

Selain itu, pilihlah burung perkutut yang memiliki ukuran tubuh besar. Dengan ukuran tubuhnya yang besar menandakan jika burung tersebut kuat dan siap tampil dalam ajang perlombaan kicau mania.

Burung perkutut yang bagus juga memiliki pupur abu-abu bagian atas paruh melebar hingga ke atas mata. Ciri ini adalah burung perkutut lokal yang bagus untuk Anda pelihara.
Pilihlah burung perkutut yang memiliki paruh panjang. Dengan paruh yang panjang menjadikan burung perkutut memiliki vokal yang bagus, sehingga sering berkicau dan rajin manggung.

Variasi Jenis Burung Perkutut
Burung perkutut menjadi jenis burung yang paling banyak dipelihara oleh masyarakat Jawa. Hal ini dikarenakan suaranya yang khas dan mampu berkicau dalam waktu yang lama. Mitos yang beredar jika burung dengan nama latin Geopelia Striata ini mampu mendatangkan keberkahan kepada pemiliknya.

See also Tips Budidaya Ikan Nila Berhasil dan Mudah beserta Proses Perawatannya
Bahkan ada orang yang mempercayai jika burung perkutut memiliki kekuatan ghaib yang bisa mempengaruhi orang yang memeliharanya. Jenis burung perkutut yang bisa Anda pelihara juga bermacam-macam, baik itu dari segi fisik ataupun harga yang ditawarkan. Berikut ini variasi jenis burung perkutut yang bisa Anda pilih.

Perkutut Songgo Ratu
Perkutut Songgo Ratu memiliki jambul di bagian atas kepalanya. Jambul perkutut songgo ratu berwarna putih, sehingga mirip seperti mahkota. Kemudian, bulu, paruh, dan kakinya berwarna hitam. Kicauan perkutut songgo ratu tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan jenis perkutut lainnya.

perkutut songgo ratu
Namun, model lekukannya mirip dengan perkutut lainnya. Perkutut songgo ratu adalah varian yang tertinggi dari jenis perkutut yang ada. Selain itu, dengan memeliharanya banyak orang yang percaya dapat menolak santet, sehingga kewibawaan pemiliknya meningkat.

Perkutut Lurah
Sesuai namanya, yakni perkutut lurah yang artinya kepala desa, burung jenis ini banyak dipelihara oleh orang-orang yang memiliki kedudukan. Dengan memelihara perkutut lurah dapat memancarkan kewibawaan bagi pemiliknya.

perkutut lurah
Corak pada burung perkutut lurah yakni berwarna lurik dengan bulu di bagian dadanya berwarna lebih terang. Anda pasti tidak akan kesulitan menemukan burung jenis ini, karena sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia.

Perkutut Hitam
Dari namanya sudah dapat diketahui jika burung perkutut yang satu ini memiliki warna bulu hitam legam di seluruh tubuhnya. Di Jawa, burung perkutut hitam sering disebut dengan Kol Buntet.

perkutut hitam
Bahkan orang sering menyebut jika perkutut hitam merupakan raja burung perkutut. Dalam hal ghaib burung perkutut hitam juga sangat sering disebut. Dengan memelihara perkutut hitam dipercaya dapat meningkatkan keberuntungan para pemiliknya.

Perkutut Putih
Berbeda dengan jenis perkutut lainnya, perkutut yang satu ini berwarna putih. Hal ini dikarenakan perkutut putih tidak memiliki pigmen warna, sehingga warnanya menjadi putih. Karena tidak memiliki pigmen warna atau albino menjadikan perkutut putih memiliki paruh dan bola mata yang berwarna merah terang.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.